Urticaria Pigmentosa, Gejala dan Penyebabnya

wp-1510198584585..jpg

  • Urticaria pigmentosa (UP)  adalah ruam yang tidak biasa, biasanya mempengaruhi bagian leher, lengan, kaki anak-anak dan dewasa muda. Ruam terdiri dari bintik cokelat kemerahan yang berubah menjadi luka ketika mereka menggaruk terlalu keras atau tergores. Kadang-kadang bintik-bintik tersebut kemudian melepuh. UP merupakan bentuk paling umum terkait dengan kelebihan sel mast dalam kulit . Sel mast secara normal terdistribusi dalam kulit, mengandung granul dan bahan kimia (hisatamin) yang dapat menimbulkan reaksi alergi bila tercetus. Kelebihan sel mast inilah yang menyebabkan terbentuknya lesi / luka pada kulit penderita UP yang teriritasi.

wp-1510201705197..jpg

wp-1505621824222.

  • Pada bayi, UP dapat timbul pada kulit kepala, wajah, batang tubuh, kaki dan seringkali dikacaukan oleh gigitan serangga – seperti pada kasus anak anda. Pada anak yang lebih besar, dapat terbentuk gelembung dari bercak yang digaruk. Selama beberapa waktu ke depan, secara perlahan sensitivitas UP menurun dan bercak akan menghilang sama sekali pada saat anak menginjak usia remaja.
  • Urticaria pigmentosa dapat menimbulkan gejala ringan dan gejala berat. Pada UP yang berat, terdapat keterlibatan organ dalam. Hal ini terutama terjadi pada UP yang timbul pada usia dewasa dan anak berusia > 5 tahun (namun jarang). Organ yang terkena meliputi tulang, hati, limpa, kelenjar getah bening, dan saluran pencernaan. Kelainan sel mast juga dapat mengakibatkan keganasan namun jarang.
  • Gangguan UP akan berkurang begitu anak anda beranjak remaja.

1505621688016_crop_959x219

  • Tes urin bermanfaat untuk melihat peningkatan kadar histamin dalam sistem sedangkan biopsi  bermanfaat untuk melihat peningkatan jumlah sel mast dalam jaringan.
  • Gambaran klinis UP secara keseluruhan sangat khas sehingga seringkali tidak diperlukan pemeriksaan penunjang untuk menegakkan diagnosis.
  • Diagnosis umumnya ditegakkan cukup dengan menggosok kulit anak kemudian melihat bercak yang timbul.
  • Pemeriksaan biopsi kulit mungkin perlu dilakukan, namun akan lebih baik bila anda mendiskusikan hal ini dengan dokter spesialis kulit anak anda saat ini.

Penyebab:

  • Penyebab UP sampai saat ini tidak diketahui, namun dipercaya telah terjadi mutasi asam amino tertentu yang memberi sinyal aktivasi kepada sel mast. Penyakit ini disebabkan karena kelebihan sel mast inflamasi yang dibuat oleh sumsum tulang yang dapat membantu melawan infeksi
  • Genetik
  • Pemicu Infeksi virus, alergi makanan, stres fisik: latihan berat, suhu panas, obat tertentu: asam salisilat, narkotik (kodein, morfin), alkohol, dsb), stres emosional,

Penanganan

  • Antihistamin dapat meringankan gejala seperti gatal dan bintik-bintik.

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s